Selasa, 05 Januari 2016

KEGIATAN PENGHIJAUAN AKHIR TAHUN PANTAI PAKIS



Pantai Pakis – Senin (22/12) berlokasi disalah satu pantai di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi, Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) Kabupaten Banyuwangi kembali menggalakan sebuah kegiatan bagi masyarakat pesisir. Sebelum berakhirnya tahun 2015 salah satu kegiatan akhir tahun yang digarap adalah kegiatan penghijauan pesisir pantai.

Kegiatan ini terlaksana berkat partisipasi aktif dari KUB Pantai Sari Lestari beserta warga sekitar didukung oleh Diskanla Banyuwangi dengan memberikan kurang lebih 200 bibit tanaman cemara laut (Casuarina equisetifolia).

Untuk menjaga kelestariannya pemerintah bersama-sama masyarakat bekerjasama untuk selalu menghijauakan pesisir pemalang dengan Cemara Laut dengan membuat persemaian dan penanaman secara gotong royong.

masyarakat setempat perlu mengetahui manfaat penanaman tumbuhan di tepi pantai sehingga dapat berinisiatif untuk melakukan penanaman dan perawatan tanaman secara mandiri. Tentunya perlu diketahui bahwa manfaat penghijauan di tepi pantai antara lain adalah untuk masyarakat sendiri misalnya untuk meredam ancaman gelombang pasang, erosi pantai serta untuk menstabilkan keindahan bukit pasir. Selain itu penghijauan di tepi pantai juga memiliki manfaat untuk menciptakan destinasi wisata baru apabila ditanami dengan tanaman yang memiliki nilai estetika seperti pohon cemara laut dan udang. (Giri)
Berikut foto-foto kegiatan penghijauan pantai:












Tidak ada komentar:

Posting Komentar