Rabu, 12 Maret 2014

Pembinaan Kelompok Ekonomi Masyarakat Pesisir di Alas Buluh Kec. Wongsorejo



Dalam rangka pelaksanaan amanah Undang-undang dimana Pemerintah/Pemerintah daerah mempunyai kewajiban mendorong inisiatif dan peran serta dalam pelaksanaan pembangunan. Berkaitan hal tersebut Dinas kelautan dan perikanan kabupaten banyuwangi aktif memberikan pembinaan dan sosialisasi peraturan dan perundangan yang berlaku salah satu kegiatan tersebut adalah Pembinaan Kelompok Ekonomi Masyarakat Pesisir.
Tema kegiatan Pembinaan Kelompok Ekonomi Masyarakat Pesisir kali ini adalah pembinaan kelompok masyarakat untuk pencadangan wilayah konservasi. Hal ini diperlukan mengingat perkembangan kerusakan terumbu karang dan ekosistem pesisir disebabkan karena pola tangkap dan pola pemanfaatan yang tidak ramah lingkungan (pengeboman, potassium, pemasangan jangkar dll). Hal ini mengakibatkan jumlah produksi penangkapan dari tahun ke tahun semakin menurun, area tangkap nelayan tidak tentu yang mengakibatkan biaya operasional penangkapan yang besar. Selain itu kemiskinan dan informasi yang diterima masyarakat pesisir yang kurang benar semakin memperparah kerusakan pesisir (abrasi, sedimentasi dan sampah).

Pembinaan ini dilaksanakan dengan tujuan masyarakat pesisir bersedia menyisihkan area penangkapan untuk dilindungi sehingga berfungsi menjadi bank ikan. Hal ini diperlukan kesediaan para nelayan dan pemahaman pemerintah desa setempat agar pemahaman ini menjadi kearifan local di desa tersebut. Dan tujuan akhir dari pemahaman ini disepakati bersama masyarakat pesisir dan pemerintah desa serta melegalkannya dalam sebuah peraturan desa.

Pembinaan ekonomi masyarakat pesisir di desa alas buluh kecamatan wongsorejo dibuka oleh Kabid kelautan mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dan disusul sambutan selamat dating oleh Kades Alas buluh. Nara sumber Pembinaan kelompok ekonomi masyarakat pesisir disampaikan oleh Kabid Kelautan Untung Widiyarto, SP, Peningkatan Ekonomi masyarakat pesisir dengan konservasi oleh Pemuda Pelopor Nasional 2013 H. Ikhwan Arief dan acara inti Pembentukan Perdes Konservasi oleh Kabid dari BPM Faishol.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar